Menumbuhkan Kesadaran Iman


Assalamualaikum Wr.Wb
Artikel yang saya post kali ini berjudul  “Menumbuhkan Kesadaran Iman”



Manusia adalah salah satu makhluk ciptaan Allah, keistimewaan manusia dibanding makhluk lain adalah manusia di anugrahi akal pikiran, seharusnya mempunyai kesadaran yang tinggi, menyadari bahwa alam semesta beserta isinya adalah ciptaan Allah dan milik-Nya semata, termasuk manusia itu sendiri. Manusia tidak pernah merencanakan kehidupan, dan juga tidak pernah merencanakan pula kematiannya. Allah lah yang merencanakan semua itu.
“Dialah(Allah) yang telah menciptakan kematian dan kehidupan untuk menguji kamu, siapa diantara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun”. (Q.S Al-Mulk:2)

Untuk melahirkan sikap yang mulia, kita harus memiliki rasa Kesadaran Iman, cara untuk menumbuhkan Kesadaran Iman sebagai berikut:

1.Rasa Tunduk dan Patuh kepada Allah
                Ketika seseorang mengetahui bahwa diri-Nya dibawah kepemilikan dan kekuasaan Allah, dan menyadari bahwa Allah menciptakan dirinya agar menjadi Hamba-Nya dan menghambakan diri kepada-Nya, maka hidup diatas syariat sebagaimana petunjuk rasul, Patuh dan tunduk kepada Allah yang Maha Memiliki merupakan kebenaran yang tidak bisa ditawar.

2.Merasakan kebesaran Allah SWT
                Yang harus dilakukan manusia adalah menunjukan betapa Agungnya Allah, betapa besar kekuasaan-Nya, betapa luas pegetahuan-Nya, betapa sempurnanya Dia dan betapa besar karunia-Nya.
Sebagai manusia kita harus menyadari kenyataan ini, dengan mengucapkan

 “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau ciptakan ini semua dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka periharalah kami dari siksa api neraka”.(Q.S Ali-Imran:191)
Dari ayat diatas, kita harus menyadari kelemahan dan kerapuhan sebagai manusia dihadapan Allah. Maka dari itu kita harus merasa, bahwa semua manusia adalah sama seperti diri sendiri, milik dan ciptaan Allah SWT tidak lebih dari itu. Kebesaran Allah yang dirasakan benar-benar akan menjadikan sebagai pribadi yang rendah hati terhadap sesama makhluk Allah, membuat kita merasa bersaudara,
tidak tertanam rasa sombong terhadap orang lain karena memang tidak ada yang pantas untuk disombongkan karena semua kelebihan yang ada pada diri manusia adalah karunia dan pemberian dari Allah SWT. Menyadari bahwa Allah selalu melihat,mengetahui,mendengar bahwa segala perbuatan diawasi oleh Allah,untuk membawa diri lebih berhati-hati dalam perbuatan.
3.Bersyukur akan karunia Allah
                Bersyukur akan segala nikmat dan karunia yang diberikan Allah SWT. Jika Allah tidak memberikan nikmat-Nya udara, tentu tidak adalagi manusia yang hidup didunia ini. Cobalah untuk merenungi segala nikmat yang diberikan Allah, apakah selama ini kita sudah bersyukur? Untuk membalas rasa nikmat itu lakukanlah apa yang diperintah oleh Allah SWT.               


Sekian artikel dari “Menumbuhkan Kesadaran Iman”
Insyaa Allah bermanfaat


Wassalamualaikum Wr.Wb
Previous
Next Post »

7 komentar

Write komentar
fitra
AUTHOR
10 February 2016 at 09:44 delete

bermanfaat sekali , semoga kita lebih taqwa kepada allat swt , amien

Reply
avatar
Sagitarius
AUTHOR
10 February 2016 at 12:26 delete

Bermanfaat gan.. thnks.

Reply
avatar
Hanan M
AUTHOR
10 February 2016 at 15:22 delete

Subhanallah. Iman memang perlu dipupuk tiap hati agar makin kuat.
Semoga rahmat Allah senantiasa tercurah kpd kita semua

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
11 February 2016 at 05:17 delete

ijin bookmarg gan... bermanfaat sekali

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
11 February 2016 at 06:04 delete

terima kasih pencerahannya

Reply
avatar